Selasa, 01 Maret 2011

JANGAN MEREMEHKAN HAL-HAL KECIL



-New Quantum Tarbiyah-




"Yang besar bukanlah dimulai dari yang besar, namun dimulai oleh hal-hal kecil yang dilakukan dengan kesungguhan dan cinta. Cinta itulah ruh perubahan, cinta itulah yang menghilangkan segala rasa sakit." 

Sering kali hal-hal yang dianggap kecil berakibat penyesalan besar bila diremehkan. Seperti kisah seorang anak kecil berlari dengan tergesa-gesa menuju ibunya lalu berkata, "Bu, apa nama lubang yang ada di depan rumah kita?" 

Ibunya menjawab, "Ibu sedang sibuk masak. Pergilah ke ayahmu!" 

Anak itu pun berlari menuju ayahnya dan menanyakan hal serupa, "Ayah, apa nama lubang di depan rumah kita?" 

Ayahnya menjawab, "Ayah sedang membaca koran. Pergilah ke kakakmu!" 

Kemudian anak itu berlari ke arah kakaknya dan menanyakan hal serupa, "Kak, apa nama lubang di depan rumah kita?" 

Sang kakak menjawab, "Namanya sumur." 

Anak kecil itu lalu berkata, "Kak, cepatlah pergi ke lubang itu. Adik kita jatuh ke dalam lubang itu, Kak!" 

Lalu bagaimana dengan kita? Apa masih suka meremehkan hal-hal yang kecil? Seperti yang dikatakan seorang teman baik saya, "Suatu perbuatan buruk yang berdosa besar bisa dihindari manusia, karena dosa tersebut kelihatan. Tapi kalo perbuatan buruk yang berdosa kecil, itu yang paling susah diketahui dan dihindari oleh manusia lantaran tidak kelihatan. Kenapa bisa begitu? Manusia adalah makhluk yang banyak lupa-nya, sering meremehkan hal-hal kecil, daya penglihatan terbatas karena tidak ditunjang dengan akal, pendengaran, dan hatinya untuk merasa."

Benar juga kawan, yang kecil-kecil itu tidak terlihat dan terasa, jadi gampang teralihkan. Masalah sepele memang tidak boleh diremehkan begitu saja, tapi juga tidak perlu dibesar-besarkan agar tidak menjadi bencana antar sesama manusia. 

[Generasi Manusia Indigo]
^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Siapapun silahkan berkomentar, baik kritik maupun saran akan saya terima. Terima kasih sudah berpartisipasi. ^_^