Rabu, 02 Maret 2011

THE FAKER FACEBOOKERS




Hmm.. Aku tidak tahu istilah yang aku buat untuk judul di atas secara grammar in english sudah benar atau belum.. Yeah, intinya aku sangat merasa harus menulis artikel ini. Tentang fenomena yang terjadi di dunia maya facebook. Jejaring sosial internet yang paling banyak digunakan oleh berbagai penduduk di dunia. Sementara ketika beberapa bulan yang lalu kita semua sudah mendengar dan melihat berita mengenai penculikan gara-gara setelah berkenalan di facebook, bisnis prostitusi, dan yang semacamnya ... Kali ini fenomena lain yang muncul adalah para faker di facebook. Bingung maksudnya apa? Mari kita bahas! 



The faker facebookers, istilah ini aku temukan beberapa minggu yang lalu di beberapa account member-friendlist punya-ku. Banyak sekali ditemukan account-account palsu yang menyerupai celebritis papan atas dunia. Tapi karena kebanyakan artis jepang dan orang jepang yang aku add, alhasil yang ku temukan adalah faker-faker dari artis jepang itu sendiri. Mereka membuat account dengan email mereka sendiri, bahkan ada juga yang membuat account palsu dengan bajakan software tertentu. Of course, pekerjaan membuat account palsu ini dilakukan oleh hacker, atau cracker yang memang ingin merusak tatanan dunia maya. Nah! Yang aku perhatikan dari masalah ini adalah mereka tidak membuat account facebook-nya dengan isi profil mereka sendiri alias data diri palsu. Seperti yang ku temukan dalam kasus artis jepang terbitan Johnny's Entertainment, Kamenashi Kazuya. Dari hasil pantauan-ku, si Kame ini mengaku dirinya adalah Kame yang asli. Tapi dia sangat tidak bisa berbahasa inggris dengan baik. Hey! Artis JE gak mungkin segoblok itu. Kebetulan aku memiliki seorang teman penggemar Kame. Dia merasa sangat ditipu oleh si Kame palsu ini karena gambar-gambar Kame editannya sendiri "dicuri" oleh si Kame palsu. Hmm.. Lumayan heboh juga kasus Kame palsu untuk beberapa minggu ini. 



Aku sendiri saja heran, buat apa dia melakukan hal itu? Hanya untuk mencari sensasi saja? Tapi aku melihat kembali pada diriku sendiri. Aku hanya memakai nama panggilan Emse dan nama pertama seorang hacker di Dorama Jepang - Bloody Monday, Fujimaru. Aku memakai account asli dari emailku sendiri. Aku mengisi biodata profil dengan kondisiku saat ini. Aku memposting dengan segala sesuatu yang ku pikirkan dan ku rasakan sendiri. Hmm.. Aku rasa tidak ada yang palsu. Lalu kenapa para faker itu membuat account dan profil palsu seolah-olah mereka adalah artis yang sebenarnya? 

Inilah masalah sosial dan psikologis yang diderita kebanyakan orang jaman sekarang. Bahkan termasuk aku sendiri, tapi aku cukup jujur untuk tidak membuat account palsu. Teringat kata-kata seorang teman ikhwan, anak-anak muda jaman sekarang lebih suka menghabiskan waktunya di depan komputer berjam-jam hanya untuk berinternet ria, ato melakukan kontak dan aktivitas dengan dunia maya dengan cara yang sangat tidak positif. Semua dilakukan dalam porsi yang melebihi batas kewajaran, sehingga kebanyakan melupakan kewajibannya terhadap pekerjaan, rumah, suami/istri, anak-anak, bahkan ibadah mereka sendiri. Proses ini juga menyebabkan kepekaan dan kepedulian terhadap lingkungan dan masyarakat di sekitarnya menjadi terabaikan. 

(Zziiiiigg! Perkataan dari teman ikhwan tersebut benar-benar sangat membuatku merana. Betapa sangat mengena untuk kondisi-ku saat ini. Terima kasih kawan, sudah mengingatkan kembali.) 
Itu dari sisi sosial, lalu bagaimana dari sisi psikologis? Ketergantungan pada dunia maya yang mendalam, mengakibatkan terkikisnya kejujuran dan kepercayaan diri yang terlalu berlebihan. Kenapa harus menjadi faker di dunia maya? Kenapa tidak menjadi diri sendiri saja? Apa merasa malu menjadi diri sendiri? Pertanyaan-pertanyaan tersebut mungkin saja menyisakan berbagai macam jawaban. Semua yang menjadi faker punya alasan tertentu untuk melakukannya. Dan aku tidak tahu pasti. Semoga saja mereka punya alasan yang bagus. 

Nah! Para faker yang terhormat, berbanggalah pada diri kalian sendiri, jangan memalsukan profil, karena kalian akan kehilangan jati diri dan potensi positif yang dimiliki ... (^_^)v

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Siapapun silahkan berkomentar, baik kritik maupun saran akan saya terima. Terima kasih sudah berpartisipasi. ^_^